Blog ini bukan merupakan blog/web resmi dari MINERVA maupun Komunitas MINERVA ( MRC ). Blog ini hanya tempat untuk berbagi info baik tentang produk MINERVA dan komunitas para pecinta MINERVA dan juga kegiatan Club/komunitas otomotif di kota Bandung pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
WELCOME TO THE MACHINE

10 Agustus 2010

Megelli 250 RE dan RV

Gambar

Minerva menancapkan kiprahnya di kancah motor sport tanah air, dengan mengeluarkan dua varian terbaru dari Megelli 250, yakni Megelli 250RE dan RV.
Keduanya mengalami banyak perubahan, meski secara desain tidak banyak berubah. Sektor mesin banyak direvisi, dengan penambahan watercooler, juga roller rocker arm baru dengan 4 klep.

Spesifikasi teknis: Megelli 250 RE-RV (Bagja-detikOto)
Mesin   SOHC 4 klep, Water Cooler, Advance Balancer Shaft
Kapasitas 247 cc 1 silinder
Transmisi 6-speed
Tenaga puncak 27 PS
Torsi Puncak22 Nm
Top speed rata-rata 155 km per jam
Fitur tambahan Upside down dan Speedo Digital Koso RX2N (tipe RV)
Harga  Rp 31,9 juta (tipe RE) Rp 34,9 juta (tipe RV)

Mesin baru tersebut membuat tenaga yang dihasilkannya meningkat dari yang sebelumnya hanya sekitar 20 dk, menjadi 27 PS pada dua varian terbarunya ini.
Sehingga, hal tersebut tentunya membuat detikOto penasaran untuk mengetahui performa dari sport MInerva terbaru ini. Maka, Sirkuit Sentul pun disediakan oleh PT Minerva Motor Indonesia untuk menjajalnya.
Dijatah 5 lap, tentunya lebih dari cukup untuk mengetahui performanya. Suspensi upside down di roda depan, serta speedometer digital Koso RX2N semakin membuat detikOto gregetan untuk memacu Megelli 250 RV ini.
Speedo Megelli 250 RV
Mesin dinyalakan, asupan capuran bahan bakar dari karburator melalui 4 klep terbarunya, membuat derum suara mesin Megelli jauh lebih berisi dan beraura
motor sport.
Megelli 250 RV
Riding positionnya pun, meskipun harus lebih merunduk, namun nyaman, dan pengaplikasian bahan alumunium pada beberapa bagian motor, seperti swing arm dan delta box membuat Megelli 250 RV menjadi lebih ringan.
Transmisinya pun kini sudah 6-speed, tidak seperti model sebelumnya yang hanya 5-speed. Jadi begitu masuk gigi satu, dan memutar slongsong gas, akselerasi Megelli 250 RV ini lumayan galak.
Akan tetapi, tenaga mulai memudar ketika mesin menderu di putaran RPM tinggi, sehingga Megelli sepertinya lebih mementingkan asupan tenaga pada putaran bawah saja untuk berakselarasi.
Karena ketika posisi gigi sudah di angka 6, pada trak lurus, top speed Megelli 250 RV ini, mentok-mentok berada pada kisaran 150 km per jam (catatan top speed tertinggi di sirkuit Sentul 157 km per jam).
Sebenarnya, angka tersebut cukup lumayan bila kita bandingkan dengan Kawasaki Ninja 250, dengan konfigurasi mesin 2 silinder berkapasitas sama 250 cc, DOHC, kecepatan maksimal rata-ratanya sekitar 160 km per jam.
Dan satu keunggulan dari Megelli 250 terbaru ini, meskipun masih terasa sangat bergetar pada kecepatan tinggi, namun handlingnya sudah jauh meninggalkan motor-motor non-Jepang.
Megelli bisa menawarkan kenyamanan tersendiri ketika melahap tikungan S kecil di Sentul, tidak ada gejala bodi membuang atau oleng, dan ringan untuk diajak meliuk-liuk.
Begitu juga ketika harus rolling speed, lajunya tetap stabil, termasuk ketika membelah derasnya angin pada trak lurus dan kemudian melakukan pengereman di jarak 100 meter sebelum tikungan, bodi Megelli tetap anteng.
DetikOto menyukai performa bawah dan handling dari Megelli 250 terbaru ini, meskipun sayangnya memiliki harga jual yang terbilang tinggi yakni Rp 31,9 juta (tipe RE) dan Rp 34,9 Juta (tipe RV)
( bgj / ddn )
Copyright © 2010 detikcom Bagja Pratama - detikOto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar